Alasan Mengejutkan Kenapa Jari Tangan dan Kaki Keriput Kalau Lama di Air

(foto: en.wikipedia.org)

Pasti kita sering merasa bila kelamaan di kamar mandi atau berenang, jari tangan dan kaki jadi keriput. Tahu enggak alasannya? Ini ia penjelasan para peneliti kenapa jari tangan dan kaki kita keriput bila lama di air. Dan, alasannya mengejutkan, girls!

Lapisan epidermis

Awalnya, para peneliti mengatakan bila lapisan luar kulit, epidermis, menyerap air. Tapi alasannya ialah terikan dengan lapisan bawahnya, ia tidak mampu mengembang sempurna, sehingga menimbulkan keriput.

Tapi di tahun 1935, sekelompok ilmuwan menemukan bila jari tangan dan kaki orang yang memiliki kerusakan syaraf tidak keriput walau lama di air. Artinya, ini berafiliasi dengan syaraf, bukan lapisan kulit.

Berhubungan dengan system syaraf

Para jago syaraf pun berkesimpulan bila alasan kenapa jari tangan dan kaki keriput bila lama di air ialah reaksi syaraf manusia.

Dan merupakan hasil evolusi. Jari tangan dan kaki menjadi keriput biar mampu menapak dan menempel di permukaan yang lembap dan licin. Supaya kita enggak mudah terpeleset dan jatuh.

Seperti dirilis di , pada tahun 2013, sekelompok ilmuwan meneliti soal ini.

Ditemukan, dengan jari tangan yang keriput, kita lebih mudah mengambil barang yang lembap atau licin. Begitupun dengan berjalan kaki di permukaan lembap dan licin. Hebat sekali, ya, badan kita?


Sumber today.line.me